Kekuatan Kehidupan

A_Neighborhood_in_OsakaSebuah tanaman merambat yang tumbuh di halaman rumah, suatu saat mendapatkan kesialan. Akar dan rantingnya terpendam dibawah gundukan tanah dan reruntuhan rumah yang sedang mengalami perbaikan. Kemudian ketika halaman itu dibersihkan, pemilik rumah memotong tumbuhan merambat yang telah rusak parah itu, bahkan akarnya telah dicabut agar tidak akan tumbuh lagi. Seluruh halaman rumah kemudian dilapisi dengan batubata dan semen.

Beberapa minggu kemudian, ada sesuatu yang bergerak pada tempat di mana tumbuhan merambat tadi telah dicabut. Batu bata-Batu bata terangkat ke atas seakan ada sesuatu yang mendorongnya dari bawah. Ini tampak sangat aneh! Bahkan tak mungkin terjadi karena pekerjaan galian kelinci atau tikus. Semua menjadi sebuah teka-teki.

Teka-teki itu pun akhirnya terpecahkan. Ketika beberapa batu bata dibongkar,ditemukan bahwa tumbuhan merambat tadi tumbuh lagi walaupun dalam bentuk yang sangat menyedihkan. Itu semua bisa terjadi karena tidak semua akarnya tercabut, dan ketika musim tumbuhnya tiba, kehidupan mulai menggerakkannya dalam mendorong batu bata ke atas, menerobos semen untuk memperoleh sinar matahari.

Peristiwa di atas merupakan satu diantara keajaiban alam, sehingga daun-daun dan tunas-tunas yang lemah sekalipun, yang secara mudah dapat dirusak dengan daging antara jari telunjuk dan jempol, dapat mendatangkan kekuatan yang  sangat luar biasa untuk mendorong jalan mereka menerobos batu bata dan semen.
Syahdan, pemilik rumah sungguh menyesal telah berusaha mengambil kehidupan tumbuhan merambat itu. “Tumbuhan itu seakan-akan meminta haknya kepadaku untuk tumbuh. Sekarang tentunya aku tidak akan menghalangi jalannya”, kata pemilik rumah sambil membuang lebih banyak batu bata agar tumbuhan itu dapat tumbuh dengan leluasa.

Ranting pohon yang sangat kecil dan lemah seperti tumbuhan tadi dapat memecah lantai bersemen dan dapat bertunas menerobosnya. Dari manakah kekuatan seperti itu? Sumber energinya adalah fenomena misterius dari alam yang disebut dengan KEHIDUPAN.
Kehidupan adalah sebuah proses yang mengagumkan. Kehidupan meskipun telah dicabut akan terus melanjutkan keberadaannya. Boleh jadi, sesaat ia tidur dan terlelap, namun pada saat kesempatan datang ia akan kembali hadir dengan kekuatannya.

Maka dari itu cintailah kehidupan, dengan memberi tanpa mengharap balas budi. Itulah makna cinta yang sesungguhnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s