Beban

tiredSeorang dosen sedang memberikan kuliah tentang Manajemen Stres. Dia mengangkat segelas air dan bertanya kepada mahasiswanya   “Seberapa berat anda kira segelas air ini?”. Mahasiswa menjawab mulai dari 20 gr sampai 500 gr.

“Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama anda  memegangnya.

Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada  masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan  jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin anda harus memanggilkan ambulans untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin  lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin berat”.

“Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya”.

“Apa yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas
tersebut, istirahat  sejenak sebelum mengangkatnya lagi”.

Kita harus meninggalkan beban kita secara periodik, agar kita dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi. Jadi sebelum pulang ke rumah dari pekerjaan sore ini, tinggalkan beban pekerjaan. Jangan bawa pulang. Beban itu dapat diambil lagi besok.

Apapun beban yang ada di pundak anda hari ini, coba tinggalkan sejenak jika bisa. Setelah beristirahat nanti dapat diambil lagi. Hidup ini singkat, jadi cobalah menikmatinya. Hal terindah dan terbaik di dunia ini tak dapat dilihat, atau disentuh, tapi hanya dapat dirasakan jauh di relung hati anda.

5 comments on “Beban

  1. Wow… posting yang sangat sederhana sih, bahkan hampir tidak punya daya tarik apa-apa, tapi sesungguhnya bila dibaca akan memberikan arti dan manfaat yang sangat besar dan luas, khususnya bagi mereka-meraka (bagi kita-kita sih sebenarnya) yang sering bekutetan dengan deraan beban pemikiran maupun kehidupan.
    Khususnya terhadap diriku sendiri, tulisan ini memberikan satu peta dan skema pelepasan setiap masalah yang aku hadapi sehari-hari.
    Makasih Mas Fadil dah bersedia mampir di tempat aku, banyak postingan mas fadil yang dapat memberikan sedikit direction bagi siapa saja yang membutuhkannya, dan barangkali ada tempat sedikit bagi saya untuk sekedar menjadi sahabat? bediri didekat pintu juga gak apa-apa mas, he…he…he…
    Linknya aku pasang di blog aku gak apa-apa ya mas, juga barangkali ada tulisan-tulisan yang bisa aku kutip untuk sekedar menjadi acuan dan rekomendasi postinganku, boleh kan Mas?
    Makasih Mas, semoga dengan saling berkunjung kita bisa saling berbagi pengalaman, wawasan dan lebih mempererat tali silaturahmi tentunya.

    • hu2, iya memang tidak menarik ya judulnya…
      duh mesti kursus merangkai kata lagi nih, biar tambah menarik.. blog yang bagus, selain isinya bagus tentu harus menarik bukan?
      terima kasih masukannya..

  2. Ha..ha..ha.., Mas Fadil jadi pesimis gitu, aku bukannya mengkritik judulnya lho mas. Tp hanya mengomentari aja bahwa memang sebagian besar temen2 pasti melihat dari judul dulu baru ke-isinya. Tapi bagiku dan juga banyak temen-temen lain beranggapan berbeda mas, apalah arti sebuah judul bila ternyata isinya hanya sebuah kelakar, kan gitu. Jadi bagiku, aku lebih melihat ke isi dari tulisan, dan terus terang saja sejak membaja postingan mas Fadil yang satu ini aku dah mulai bisa sedikit demi sedikit memanage stress-ku ini (asli lho mas). Bobot posting ini padat dan berisi, kita gak boleh memandang remeh terhadap masalah stress, karena ini adalah gerbang menuju ke penyakit-penyakit yang masih menjadi momok nomer wahid mematikan di Indonesia, seperti penyakit jantung dan stroke. Jadi sekali lagi aku mohon maaf, bukannya aku bermaksud mo ngeritik juldulnya lho mas, he..he..he… makanya kan waktu lalu aku sekalian minta ijin untuk mengutip, meng-copy atau menyadur postingan-postingan seperti ini untuk aku jadikan rekomendasi di blog aku. Boleh Kan Mas??
    Ok! mas… maju terus, dan sukses selalu….
    Jabat erat dari sahabatmu….

    • he2, iya2, ok2 kalo gitu..
      wah, syukur jika tulisan ini bisa bermanfaat,, wah mu kopi silakan saja, semuanya juga boleh, semoga bisa bermanfaat bagi yang lainnya juga…
      sip, jabat terus..

Leave a Reply

